4/11/21

Tante Mikhal, si Ratu mandul

aduhhhh daku kangen sekali deh, dah lama gak ketemu misua..tapi katanya dia lagi jalan pulang... yipieee asooy siap2 ahhh.. eh,eh, tapi... hr ini daud bakal pilih pulang ke rumah yang mana? sama aku ato sama istri yang lain? ahhh, mudah2an dia pilih eike yah... ( Daud kan istri en selirnya banyakkk )

ujar Mikhal, istri Raja Daud, dalam hati... harap-harap cemas menanti kepulangan suaminya.

HAAA?? serius? ga salah liat apa aku? gile kok dia jejingkrakan begitu, nari2 di publik kayak gitu? aishhh selengean banget, gak ja-im banget sih jadi Raja. Ogut jadi "illfeel"

Ketika tabut perjanjian TUHAN itu sampai ke kota Daud, maka Mikhal, anak perempuan Saul, menjenguk dari jendela, lalu melihat raja Daud melompat-lompat dan menari-nari. Sebab itu ia memandang rendah Daud dalam hatinya. ( 1 Taw 15:29 )

     


And when she ( Mikhal ) saw King David dancing and celebrating, she despised him in her heart.

Despised : look down, dislike, hate

ini step kejatuhan mikhal... masih dalam hati, tp uda look down/mremehkan/merendahkan.. dan ini masih terus "dierami" dengan pride.. " emang tuh yah.. kok jadi Raja gak tau malu, ja-im dikit kek.. ya ampun. gue aja malu jadi istrinya liat dia begonong.. " bikin Mikhal siap2 dgn planning untuk negor Raja Daud as soon as possible. 

Pada waktu Daud pulang ke istana untuk memberi salam kepada keluarganya, Mikhal ke luar mendapatkan Daud dan berkata, “Hari ini raja Israel sungguh-sungguh membuat dirinya terhormat! Ia telah bertelanjang seperti orang dungu yang tak tahu malu di depan budak-budak perempuan milik para pegawai istana!” ( 2 Sam 6:20/BIMK )

wadooow... pas Raja Daud pulang.. untuk ngucapin salam dan juga berkat untuk seisi rumahnya, malah disambut dengan tudingan membabi-buta yang very-very sarkastic, tanpa ada papan peringatan, plang di depan rumah " Awas Istri Galak ". Sungguh kesian nasib Raja Daud... sama rakyatnya, sama orang2 luar dihormati.. tapi sama orang rumah alias istri sendiri dapetnya yah beginian...๐Ÿ™ˆ

๐Ÿ”Žia telah bertelanjang... padahal daud tuh gak telanjang loh, ayat 14 mencatat " Wearing a linen ephod, David was dancing before the Lord with all his might " Daud masih pake kaen sarung linen buat menutupi private part-nya. 

๐Ÿ”Žliat tuh.. hari ini raja Israel sunguh2 membuat dirinya terhormat.. “How the king of Israel honored himself today! ” she said. “He exposed himself today in the sight of the slave girls of his subjects like a vulgar person would expose himself.” ( CSB ) ini bahasa sindiran yang sarkastic banget. 

dari cara ngomong si Tante Mikhal, kliatan banget heart attitudenya yg gak respect suami.. yang terang2an "ngebantai" ngomong kata2 seperti senapan yang siap 'membunuh' suami. betapa disrespectful...Tante mikhal merasa dirinya lebih ngerti "tata krama" .. si Daud gimane sih jadi Raja kok kelakuannya begonong? pdhl mikhal sendiri yang "lebih GAK ngerti' tata krama, gimana sih kok ngomong sama Raja dan suami sendiri kayak begonong? spiritual pride blinded us dgn pikiran " I am better than you " padahal sbnrnya kita yang jauh lebih parah dan kudu bertobat.. dari penghakiman yang jahat dan kejam. 

Tapi Daud kalem aja kasihtau si Mikhal.. aku rela kok bahkan lakuin hal yg menurut kamu 'lebih memalukan' lagi asal buat Tuhan... aku gak malu, gak takut kehilangan reputasi, kehilangan muka.. I will just give the best.. praise God with all my might.. I don't mind if you look down on me.. yang pasti kamu tau gak? budak2 perempuan itu bkl mghargai dan mnghormati aku kok... ( ay. 22 )

Gara2 sikap disrespectnya... alkitab mencatat.. tante Mikhal jadi mandul seumur hidupnya. ngeri sekali! ( ay. 23 ) entah karena si Daud refused to "menghampiri" dia ( ya ilahhhh sapa juga yang mau berdekatan sama istri kurang ajar yg hobinya slandering suami dan ketus binti judes? ) ato bisa jadi gara2 itu TUHAN yang "menutup" rahim mikhal. Nobody knows kenapa si Mikhal jadi mandul. 

Tapi hati-hati jangan sampe kita jadi kaya si Tante Mikhal.. mungkin kita "gak mandul' secara keturunan, tapi bisa jadi 'pertumbuhan rohani' kita kering dan mandek, gak ada berkat, apa aja rasanya gagal, capek2 kerja gada hasil, mothering juga berat banget, pelayanan seret gada buah2. Dosa selalu jadi penghalang, apalagi kalo kita sebagai istri ogah berada di bawah otoritas/naungan suami. Bahaya sis, jadi 'inceran iblis' noh , gak ada yang 'cover'. 

Saya sering nemuin bukan hanya di sekeliling saya, tapi sayapun juga bergumul dalam area ini. Saya gak mau punya haughty eyes ( mata yg memandang rendah oranglain ) apalagi ke suami sendiri, dgn merasa diri lebih benar, lebih wise, lebih pinter dan juga lebih rohani... spiritual prideful ini serem sekali. Si Tante Mikhal yah begini.. dia ngrasa daud gak bijak nari2 tanpa ja-im pdhl dia raja, yah klo suami ada tindakannya yang salah bukan berarti kita harus diem2 aja.. 

We always can speak truth in love. 

We always can give correction with respect. 

Kalo attitude ( sikap hatinya) bener, kata2 bisa bener, 

Tapi klo attitude uda salah, kata2 uda pasti kurang ajar. 

seperti kyk gini...

saya pernah dicurhatin sama 2 istri yang sama2 "jarang" melakukan hubungan sex, frekuensi-nya sedikit banget. Ini bahaya, lampu merah banget deh, karena katanya "sexless marriage" ( pasangan yg mlakukan hub sex less than 10x/year punya high risk end up dalam perceraian ) nah pas dikonseling, 2 istri ini tnyata punya problem yang serupa cuma beda dikit aja. 

istri A : " gmn aku mau ci? suamiku itu bau mulut. 

             trus orangnya juga jorok, aku geli.. jijik jadinya"

istri B : " gimana yah ci.. aku jujur pengen sbnrnya.. 

             tapi maap nih ci.. suamiku ada bau2 tertentu yg bikin aku susah buat relax, 

             uda gitu dia..aduh susah gak enak ngomongnya nih.. ya dia itu...  bla-bla-bla "


Dari gaya bahasanya aja saya uda bs nangkep mana yg punya respect sm suami, mana yang kagak. The way we talk to our husband is really important.. pilihan kata, nada suara, mimik muka, bahasa tubuh.. semua bisa send message.. " I respect you" ato " aduh lu tuh yaaaa.. kok dodol banget deh.. " 

Sejujurnya saya juga bergumul di area ini, karena saya type orang yang konfrontasi, berani ngomong, bukan type yg ragu2 or bingung milih kata de el el.. jebret! Suami pernah loh tegur saya beberapa tahun yang lalu.. " kalo dengerin kamu negur aku, aku ngrasa kayak so stupid " aduhhh saya jadi sedih sekali.. suami sy tuh type yang sangat considerate others banget soalnya. Saya tau semakin hari saya belajar berjalan sama Tuhan, saya HARUS berubah.. belajar berkomunikasi dengan respect bukan dengan songong ato sotoy yang bisa bikin suami kayak feel small or stupid. oh Tuhannnn HELP me... 

Mungkin ada area2 yang kita lebih 'kuat' dari suami tapi bukan berarti kita bisa look down dan belittle them.. dgn bersikap disrespectful and dominan, brusaha controlling.. " ya udah, kan aku yang kuliah tentang pajak dan bisnis.. kamu jg tau kan track record aku urusan usaha.. SELALU berhasil, prediksi aku cukup mantep.. ya uda serahin aja ke aku ". kita bisa coba ngomong message yang kurleb sama tapi dengan heart attitude yang penuh respect, " gimana kalo alokasi dana lebih ini diinvestasikan dengan beli saham. Menurut kamu gimana? kelebihannya ini loh... " jangan belittle kemampuan suami. 

Mungkin gajimu lebih besar dari suami, tapi bukan berarti kamu jadi orang yg bikin final decision. " yang bayar kebutuhan kita paling banyak siapa? aku kan? ya uda kamu ikutin aku laaaaaah.. " no, we need to know our place as a wife. Tuhan ciptain pria jadi kepala, jadi pemimpin. Ketika istri mulai mau mengambil alih, pasti deh terjadi disfungsi keluarga. Suami juga bakal makin lama-makin "kabur", punya escaping mentality... makin neglect tanggung jawabnya, makin gak mau berfungsi, makin cuek, makin gak mau koneksi, kabur.. mengubur diri dalam hobinya, kesenangannya, main computer game, pergi ke luar dengan teman2nya. Karena di rumah dia tidak mendapatkan penerimaan dan penghargaan.. hanya celaan dan kecaman. 

Yuk kita sama-sama belajar dari kegagalan si Tante Mikhal.. di saat mata uda mulai ngerendahin, ngeremehin.. cepet2 inget si Tante.. dan doa dalam hati.. " Tuhan, tolong aku.. sembuhin hatiku dr pride.. ini jelek banget Tuhan.. very ugly sin. Dan tolong aku bs lihat apa yang baik. fokus sama hal yang postif, bersyukur untuk apa yang suamiku lakukan buat aku. Tolong aku mengasihi Dia, tolong aku to show respect to him... tolong aku bs berkomunikasi tentang ketidaksetujuanku dengan cara yang benar, dgn respectful. " 

Doa kayak gini bakal Tuhan jawab.. 

yuk mari kita terus bertobat dari sikap hati yang salah. Setiap hari semakin berubah menjadi semakin serupa Kristus. Amen. 



No comments: