8/18/10

Ada apa dengan SARAH?

Hari-hari ini gue banyak explore firman tentang " Sarah " dan gue dibukain sesuatu yang baru, yang dulu gue gak pernah liat.
7 tahun yang lalu, waktu saat teduh Tuhan suruh gue " buka dan baca kejadian 21 : 1 ", gue gak tau itu Firman apaan.

Ternyata ayat ini " Tuhan memperhatikan Sara, SEPERTI yang DIFIRMANKAN Nya, dan Tuhan MELAKUKAN kepada Sara seperti yang diJANJIkanNya" ( kej 21 :1 )

Waktu itu gue jujur aja, lagi SANGAT- SANGAT butuh directions for my life, for the future... krn waktu ini gue baru aja merasa banyak impian yang sudah sempat dibangun yang menjadi hancur dan gue bener-bener butuh MENATA ulang kehidupan gue bersama Tuhan.

Proses yang gak gampang karena gue harus terus-menerus menguatkan komitmen gue untuk jalan sama Tuhan, sekalipun terpuruk dan mesti menuai hal-hal jelek yang pernah gue tabur dalam "daging". Ada masanya gue bener-bener self pity dan gak YAKIN Tuhan masih mau pakai hidup gue ( gue gak pernah ragu kalo Tuhan sayang sama gue )
Tapi hari itu, pagi itu.... I met Him!

" You will become like Sarah "

hah? kenapa Sarah, Tuhan?

kenapa enggak Debora?
keren... peka denger suara Tuhan trus bisa ikut perang juga ;p

kenapa engga Ester?
pendoa syafaat buat bangsa yang dipake Tuhan membela nasib bangsanya

kenapa... kenapa ...kenapa..
Jujur gue bingung " kenapa sara" yang gue ngerti waktu itu yang namanya "sara" itu gagal mempercayai Tuhan dan gara2 " nasehatnya " yang lahir karena pemikiran manusiawi, dia jadi ngalamin hal-hal yang semestinya tidak terjadi..

" Berkatalah Sarai kepada Abram: "Engkau tahu, TUHAN tidak memberi aku melahirkan anak. Karena itu baiklah hampiri hambaku itu; mungkin oleh dialah aku dapat memperoleh seorang anak." Dan Abram mendengarkan perkataan Sarai. "

"Jadi Sarai, isteri Abram itu, mengambil Hagar, hambanya, orang Mesir itu, --yakni ketika Abram telah sepuluh tahun tinggal di tanah Kanaan--,lalu memberikannya kepada Abram, suaminya, untuk menjadi isterinya"
( kejadian 16 : 3-4 )

Tuhan uda memberi janji sama Abraham bahwa keturunannya bakalan seperti bintang-bintang di langit dan pasir di laut. Tuhan udah ngomong 3 kali! ( kejadian 12, 13 dan 15 )
tapi kok... sara itu malah gak percaya?
dia malah bilang gini ke abraham...

"Engkau tahu, TUHAN tidak memberi aku melahirkan anak" ( kejadian 16: 3 )
dan uda gitu sara " brusaha" membantu Tuhan untuk menggenapi janjiNya dengan caranya sendiri yang mana akibatnya PARAH banget.
 
Padahal uda JELAS-JELAS Tuhan bilang, " bukan eliezer yang bakal jadi ahli warismu melainkan anak kandungmu " ( kejadian 15 : 14 )
yang namanya anak kandung yah brarti anak hasil kandungan istrinya yah...
tapi si ibu sarah ini tetep gak percaya bahkan pas malaikat Tuhan mendatangi Abraham dan ngomong kalo 1 tahun dari sekarang kamu akan punya anak, si sarah masih tetep gak percaya, dia malah ketawa diem-diem di balik pintu kemah ( kejadian 18:10-12 )
 
 
waktu itu, gue cuma bisa liat hal ini dari hidup seorang "sarah".
di hati gue masih ada pertanyaan " apa istimewanya si sarah ini? lha wong, dia gagal mempercayai Tuhan yaaaa? "
 
Penasaran masih tersimpan rapi di dalam hati sementara gue naik kopaja 86 ke kampus tercinta gue dulu. Hari itu gue ada kelas " Phrophetic Ministry" jam 9 pagi, yang ngajar Samuel Saputra.
 
You know what? Samuel Saputra bilang gini pas mulai kelas " nanti ketika saya ngajar, jangan kaget kalo saya jadi bernubuat, tangkap itu dengan hati yang haus " dan mulailah dia ngajar.
 
Waktu itu dia tiba-tiba ngomong tentang " sarah ", langsung jantung gue berdebar-debar kenceng banget, dia gak lagi ngomong secara pribadi sama gue, dia lagi ngajar di depan kelas dengan roh yang menyala-nyala and that's it! Tuhan bukain apa yang Dia maksud dengan panggilan seorang sarah.
" I will be a spiritual mother like Sarah "
 
hati gue terbakar tapi manifestasinya malah gue nangis di dalem kelas!
sampe beberapa temen nengok dan bilang, " kenapa loh ne?" ( gue dipanggil "nenek" waktu kuliah dulu... padahal muka masih imut dan belon keriput, wkwkwkw )
 
I can't explain what happened with me!
I caught His fire!
I woke up from my "self-pity" world!
He has purpose for me!
God STILL wants to use me...
 
sejak hari itu, gue jadi semangaaaaat banget! terutama dalam hal pembinaan, pemuridan, mentoring dan discipleship. Gue seneng buat memfasilitasi hidup oranglain untuk mengalami kebenaran yang memerdekaan hidup dan seneng banget kalo bisa bantu anak-anak pelajar yang lagi nyari "jati diri" nemuin keberhargaan diri mereka yang benar, menggali potensi dan menemukan panggilan Tuhan buat hidup mereka. Gue seneng terlibat dalam pelayanan wanita.
 
Gue seneeeeeeng banget terlibat dalam proses pertumbuhan rohani oranglain, gue seneng pas liat mereka hidupnya dipulihkan dan diubahkan.
Seneng, seneng banget! ^ ^
 
Panggilan Sarah = menjadi ibu rohani buat bangsa-bangsa
Panggilan itu yang juga jadi salah satu konfirmasi ketika gue bergumul berdoa buat pasangan hidup.
Panggilan itu yang buat gue bertahan sampai hari ini
I heard His calling!
I caught His Calling!
I let my heart burn with His Calling!
 
Dan hari-hari ini Tuhan bukain lagi.... bukain lagi tentang " SARAH"
 
Sarah " a role model of submission "
 
Waktu gue lagi baca tentang kisah abraham sama suami gue, kita diskusi dan ngobrol-ngobrol tentang sikap abraham as a man. Gue bilang,  gue gak suka kok si abraham gak gentleMAN banget  yaaaa, kok dia gak brani " stand up" for his wife, malah dia mau " cari aman ". gue gak bisa ngebayangin kalo pas mau pergi ke thailand mike bilang gini sama gue, " say, nanti kalo orang tanya bilang aja kamu adikku ya, jangan bilang istriku " ( iiiih pasti gue jadi cembetut.. kok kamu mau cari aman? kok kamu gak rela " mati" kok kamu gak pertahanin aku? emang kamu mau aku di " tahan" di istana " firaun" and almost ditidurin firaun? wkwkwkw -> sorry tata bahasanya agak preman nih gue...gue cuman coba bayangin kalo gue ada di posisi sarah. gaaaaaaaaaaakkkkk mauuuuu...  )
 
" Pada waktu ia( Abraham ) akan masuk ke Mesir, berkatalah ia kepada Sarai, isterinya: "Memang aku tahu, bahwa engkau adalah seorang perempuan yang cantik parasnya.

Apabila orang Mesir melihat engkau, mereka akan berkata: Itu isterinya. Jadi mereka akan membunuh aku dan membiarkan engkau hidup.
Katakanlah, bahwa engkau adikku, supaya aku diperlakukan mereka dengan baik karena engkau, dan aku dibiarkan hidup oleh sebab engkau."

emang si abraham itu gak bohong, sarah itu masih " saudaraan " sama abraham.
tapi abraham takut dibunuh.

Tapi yah dsini gue liat, abraham juga ada " sisi manusia"nya, dia juga mengandalkan "hikmat"nya, semestinya kita percaya kalo ada rencana Tuhan yang belon digenapi, kita gak bakal mati sebelon waktunya ya... tapi yah, gue gak lagi menghakimi abraham krn gue juga gitu, seriiiing banget pikir ini pikir itu, sindrom "oh mungkin kayak gini kali mendingan atau kayak gitu aja", hehehe...

meskipun sikap abraham menurut gue, tidak benar, tapi sarah nurut sama dia. Alkisah sampe Firaun itu pengen "dapetin" sarah, jadi Firaun nahan si sarah di istananya. Ceritanya kita semua tahu, akhirnya Tuhan turun tangan, mendatangkan tulah dan kesusahan besar terhadap Firaun dan sarah jadi selamat dari "tawanan" Firaun.

gue diskusi sama suami gue apa yang buat Tuhan jadi turun tangan dan kita temuin 2 hal ini :
1. Ada rencana Tuhan yang belon selesai dalam hidup abraham dan sarah.

Kalo Sarah jadi istri Firaun entar iskak lahir dari siapa dong?
2. The power of a submissive woman !

di kejadian 20 abraham ngulang lagi kesalahan yang sama, gak " stand up" buat bela dan mempertahankan istrinya. Dia ngomong hal yang sama " sarah itu saudaraku" ke abimelekh, raja Gerar dan hampir aja Abimelekh itu "menghampiri" sarah. Tapi Tuhan lagi yang turun tangan mencegah Abimelekh melakukan dosa lewat mimpi.

There is a power behind a submissive wife yang MENARIK perhatian Tuhan, yang MENARIK pembelaan Tuhan!

ini yang Tuhan mau lia belajar tentang sarah, tentang SUBMISSION!

gue jadi terharuuuu banget....
emang kalo Tuhan itu ngeliat kita gak seperti kita melihat diri kita sendiri yah...

untuk submit, untuk gak berontak, untuk punya sikap hati yang bener mksdnya penundukan diri itu bukan hal yang gampang buat gue..... susaaaaaaaaaaaaaaaahhhh bgt, apalagi typikal cewek dominan gini ;(
but if God says that, I believe!
if God yang bilang, aku akan jadi " sarah rohani" , akan jadi " ibu rohani buat bangsa-bangsa", akan jadi " a role-model of submissive wife " aku percaya! meski sekarang kondisi nya belon kayak gitu.

Gue diingetin Tuhan dan ini nguatin hati gue banget

Dalam kondisi apa abram pas Tuhan kasih dia nama baru " abraham" ( bapa bangsa-bangsa )?
apakah dalam kondisi dia uda punya banyak anak?
satu aja gak punya!
abraham mungkin sering banget diketawain orang-orang pas kenalan sama dia

"siapa namamu?"
" abraham"
" abraham? oohh itu artinya bapa bangsa-bangsa... emang berapa anakmu? "
" belum ada "
" hah? orang anehhh... "

ya gak papa deh, dibilang ' aneh' sama dunia, yang penting TAAT sama Tuhan, iya gak? ;p

btw busway, yang pasti ini bukan hanya panggilan gue,
tapi juga panggilan Tuhan buat semua wanita,  
khususnya yang uda " bersuami",
ayo ayoooo... sama-sama belajar yuk untuk jadi a submissive wife!

- Lia
( bersambung .... )











6 comments:

neRr said...

wow k. mantep pencerahannyaaa :)
aku percaya janjiNya sedang digenapi dari hari ke hari buat mu k. menjadi ibu bwat bangsa-bangsa. mother for the motherless generation :)

He is with you and He is in you.

cenlung said...

bener banget lee :)

g dibukakan pencerahan ini wkt di kelas bpn juga (bimbingan pranikah). Meski Abraham SALAH dengan berbohong mencari aman sendiri kesannya, tapi karena Sarah TUNDUK sama apa yg dikatakan Abraham, God TETEP BELA mereka ketika diperhadapankan ma masalah dengan raja2. Coba klo Sarah gak tunduk, mungkin ceritanya jd beda lee :)

Jadi disini God sangat concern sama SIKAP HATI kita sebagai seorang wanita, istri, bagaimana kita MENGHARGAI OTORITAS DIATAS kita (pria, suami) krn itu artinya MENGHARGAI GOD sendiri :) (Prinsip otoritas hehe...)

Satu lagi lee Tuhan mau pakai lu :) Kelebihan lu adlh lu sangat suka banget tuk ngomong tohh ;) so God pake lu tuk banyak berkata2 n bisa lu tuangkan diblog ini ato di notes fb sehingga waktu org2 baca banyak yg sangat diberkati n g salah satu orangnya yg diberkati lee... :D

Tq ya lee... love u...

Lia_soc said...

@ nerr : thank you neRr... btw, aku kok gak bisa buka blog kamu yah neng... ?

@ cen : weleh weleh.... aku itu suka ngomong... bukan suka nulis tapi berhubung dan berhubung uda gak ada lagi yang bisa dijadiin " korban" apalagi suami kerja lama bener, 12 jam... akhirnya di kompiee aja dah... ;p
i can saw your growth in the Lord, in maturity and in characther. awesome! so beutiful! Makasih Tuhan!!! :)

neRr said...

hhehehe, masa yak k? mungkin blogspot sedang error gt? tapi aku lg blom sempet update seh. lg keasikan baca2in blog orang. wakakaka...
coba lagi k, siapa tau skrg uda bisa :) hehehehe

cenlung said...

kan mau kyk lu juga donk lee, gak mau kalah hehe.. yukk berlomba2 semakin serupa seperti Kristus :) apalagi pasangan kita adlh sparing partner yg paling pas tuk bentuk karakter kita makin bertumbuh.

G juga terus belajar lee n mau terus belajar tuk jd wanita yg tentram, lemah lembut n punya sikap hati tunduk n hormat ma siauliung, meski kadang masih suka gagal tapi g mau terus bangkit krn g mau jd WANITA yg DISUKAI GOD MA SUAMI g nantinya :D

PASTI BISA!! krn MENGANDALKAN KEKUATAN GOD.
GB us lee :)

Mega said...

iye kak, aku juga mau blajar tunduk sam GOD dan orang yang memiliki otoritas dalam hidupku, berhubung blom punya suami, tunduk sama mamah di rumah, sama pemimpin di kantor.

Tuhan melindungi sarah walopun abraham gagal mlaksanakan tanggung jawabnya,luar biasa juga sarah tetap tunduk sama suaminya setelah yang dilakukannya d^^b Abraham gagal, tapi Tuhan gak pernah gagal.